Seputar Hamster


Ketika akan memulai memelihara hamster, pilihlah jenis hamster sesuai kebutuhan. Jika pemula, sebaiknya Anda memilih jenis yang berukuran besar karena bisa hidup sendirian. Jika anda ingin memiliki hamster yang lincah, Abda bisa membeli jenis roborovsky. Sementara jika Anda menyukai warna bulunya, Anda bisa memilih winter white atau campbell karena warnanya yang cantik.

Berikut ini 5 jenis hamster yang bisa anda pilih:

  1. Hamster syrian (hamster lokal). Postur tubuhnya lebih besar daripada hamster lain. Saat dewasa, ukuran tubuhnya bisa sekitar 15-18 cm. Hamster ini jarang menggigit.

  2. Hamster cina, masih tergolong langka di Indonesia . Hamster ini memiliki buntut yang lebih panjang dibandingkan hamster jenis lainnya.

  3. Hamster campbell termasuk hamster tipe dwarf (kerdil). Panjangnya sekitar 13 cm. Jenis hamster ini tergolong yang suka menggigit. Jadi tidak dianjurkan anak-anak atau pemula memelihara hamster jenis ini. Hamster ini tergolong aktif dan lincah, tetapi bisa dijinakkan.

  4. Hamster jenis winter white, termasuk tipe dwarf dan dapat tumbuh sekitar 12 cm. Hamster ini tergolong hamster baik karena tidak suka menggigit.

  5. Hamster jenis roborovsky, merupakan tipe dwarf, paling besar mencapai 10 cm. Hamster roborovsky ada dua jenis, yaitu jenis biasa dan white face. Hamster ini tergolong baik karena tidak suka menggigit.

Membedakan Jenis Kelamin
Pada umur 1 bulan, hamster jantan dan betina sudah bisa dibedakan. Pada bagian bawah ekor terdapat dua titik yaitu anus dan kelamin. Untuk hamster jantan, biasanya ada jarak antara anus dan kelaminnya. Sementara pada hamster betina hampir tidak ada jarak antara anus dan kelaminnya. Jarak antara anus dan kelamin akan tampak terlihat jelas jika hamster sudah agak besar. Biasanya pada hamster jantan tampak testikel (penghasil sperma) di bawah kelaminnya.

Menjinakkan Hamster
Jangan kaget jika pertam kali anda membeli hamster, hewan ini begitu liar bahkan menggigit. Umumnya, hamster suka menggigit karena belum kenal dengan bau tuannya. Hamster juga akan menjadi jinak jika anda sering memegang dan mengelus-elusnya. Pegang dengan lembut, jangan membuatnya kaget. Lakukan pada sore hari, sekitar pukul 5.00 – 7.00. Anda juga bisa memberinya makanan secara langsung dengan tangan anda sehingga hamster adna mengenali aroma tubuh anda. Cara lain untuk menjinakkan hamster baru, anda bisa memulai dengan mengeluarkan hamster dari kandangnya menggunakan media seperti sendok nasi atau tempat makanannya. Setelah di luar kandang pindahkan hamster dari media tersebut ke tangan anda, lalu elus-elus tubuhnya. Dengan cara ini, pelan-pelan hamster Anda akan memulai jinak.
sumber : http://www.anismerah.com/content.php?156-Tips-Seputar-Hamster

Agar hamster tidak menggigit saat dipegang
Hamster yang baru datang biasanya akan menggigit ketika dipegang. Untuk menghindarkannya, cobalah untuk memegangnya dalam posisi duduk. Jadi jika hamster anda hampir jatuh, tidak akan terlalu tinggi. Jika anda ingin mengambil bagian hamster yang lagi jalan-jalan, pegang di bagian leher menggunakan jari jempol dan telunjuk. Gunakan jari telunjuk untuk memegang daerah kepalanya. Hati-hati jika hamster membalikkan badannya, biasanya dia mau menggigit.

Agar hamster merasa nyaman Selama perjalanan
Jika anda membawa hamster berpergian jauh dengan kendaraan, usahakan AC di dalam mobil tetap menyala. Sebab hamster tidak tahan dengan udara panas dan terkena sinar matahari langsung. Tempatkan hamster di kandangnya dengan segala kebutuhannya, mulai dari makanan, minuman, hingga mainannya. Jadi hamster bisa nyaman selama dalam perjalanan.

Comments
2 Responses to “Seputar Hamster”
  1. dhedhi says:

    weits.. ada pengusaha hamster di sini🙂

    “Jika anda ingin mengambil bagian hamster yang lagi jalan-jalan, pegang di bagian le menggunakan jari jempol dan telunjuk.”
    btw, “le…” itu maksudnya leher ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: