Halaqoh adalah kebutuhan


Ali bin Abi Thalib ra berkata, “Hati-hatilah kalian dalam memilih teman, sesungguhnya teman adalah bekal di dunia dan akhirat.”

Hari itu, fisik ku sedang kurang baik, sepertinya terkena flu berat. tapi aq juga menyadari, hati, ruhiyah ku juga dalam kondisi tidak baik. Aq butuh forum pembangun ruhiyah saat ini, akhirnya aq sempatkan waktu sore itu untuk mendatangi halaqoh. seperti biasa, terjadi transfer semangat, transfer doa antar sesama anggota yang menjadi ungkapan Ali ra. ”sesungguhnya teman adalah bekal di dunia dan akhirat.”

Halaqoh beda dengan kajian, walau di dalamnya ada unsur kajiannya. Halaqoh juga bukan sekedar forum makan-makan, walau disana kita juga makan-makan (tergantung MR nya🙂 ). Halaqoh seperti keluarga kedua yang memberikan ruang penyelaman ruhani dan fikriyah. bahkan bisa jadi qt diskusi ttg keprofesian.

Dan salah satu manfaat besar dari halaqoh adalah pagar menjagaan. bisa jadi kita terjun di medan yang berbeda-beda, bahkan tinggal di lingkungan yang kurang kondusuf. Di halaqoh, qt akan dikondisikan untuk bisa mempertahankan nilai prinsipil di mana pun kita. atau bahkan, kita dibekali agar memiliki kemampuan untuk mempengaruhi lingkungan sekitar.

Seorang ahli hikmah berkata, “Barang siapa duduk bersama orang yang baik, ia akan mendapatkan berkahnya. Dan, siapapun yang duduk bersama wali Allah tidak akan sengsara, kendati seekor anjing seperti anjingnya Ashabul Kahfi.”

bergaul dengan siapa saja itu dibolehkan sesuai dengan batasannya, akan tetapi bergaul dengan orang soleh adalah kebutuhan, kebutuhan akan ilmu, motivasi dan keberkahaan. Dengan halaqoh, qt dapat duduk bersama dengan orang-orang baik atau setidaknya orang-orang yang bersama-sama meningkatkan kualitas dan kuantitas kebaikannya. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: