Jalan Bojong Soang, Jalan off road Kabupaten Bandung


Kehancuran dan ketidak-layakkan jalan bojong soang, kab bandung  sebenarnya sudah saya rasakan sejak saya masuk ke STTTelkom (2005). Material jalan yang kualitasnya jelek, pengerjaan yang tidak rapih tampak menjadi agenda rutin projek saat itu selama beberapa tahun. Akhirnya pada 2011 jalan ini diperlebar dan dibetonisasi. Memang, hal tersebut adalah solusi tepat karena selama ini jalan aspal yang sempit tidak bisa menahan beban kendaraan yang melintasinya.

Namun, tampaknya proses pelebaran ini terkesan lamban karena lebih kurang setahun proyek ini tidak tuntas juga. Beberapa ruas jalan sudah dilakukan pelebaran dan dibeton sejak awal 2012. Setelah itu, sampai saat ini tampak tidak ada pengerjaan proyek lagi. Hal itu mengakibatkan bottle neck di arah menuju Dayeuh Kolot dan di sekitar pertigaan Ciganitri. Bottle neck ini bisa dikatakan sangat parah karena jalan yang awalanya empat ruas, menyusut menjadi dua ruas, dan diperparah buruknya kondisi jalan.

Di cuaca cerah, kendaraan masih tidak bisa dipacu dengan lancar. Kondisi lebih parah saat hujan datang, jalan Bojong Soang menjadi kubangan lumpur, dan kemacetan parah tidak bisa dihindari. Tidak terbayangkan jika ditambah daerah Dayeuh dan Bale Endah sedang banjir.

Menurut Dinas Bina Marga provinsi Jawa Barat, di situs resminya, mereka terkendala dengan pembebasan lahan. Uniknya adalah yang sulit dibebaskan adalah tanah milik PT. KAI yang sebenarnya perusahaan milik pemerintah, terlebih tanah yang sulit dibebaskan itu tanah yang tidak produktif bagi perkereta-apian.

Apapun alasannya, sangat disayangkan kesenjangan yang sangat terasa fasilitas jalan raya Kota-Kabupaten Bandung terjadi diperbatasan. Wajar jika masyarakat mengeluh, memprotes, bahkan melaknat pelayanan jalan raya Bojong Soang yang carut marut ini. Tidak jarang terjadi kecelakaan karena kondisi jalan yang berlubang cukup dalam. Beberapa kecelakaan tersebut mengambil korban jiwa.

Saya sebagai pengguna jalan, cukup muak dengan kondisi ini. Setiap pagi dan sore melewati ‘beberapa’ ratus meter dengan penuh perjuangan melewati kemacetan dan buruknya kondisi jalan. Jika anda adalah off roader pemula, mungkin jalan bojong soang bisa dijadikan alternatif jalan untuk latihan sebelum ke jalan off road sesungguhnya. Namun perlu kesabaran yang tinggi untuk melaluinya.

Berikut video tentang jalan macet di Bandung yang diupload di youtube oleh mahasiswa IM Telkom

Beberapa gambar Jalan Bojong Soang yang dimuat media Pikiran Rakyat

Antrean Kendaraan di Jalan Bojongsoang Capai 1 km

Antrean Kendaraan di Jalan Bojongsoang Capai 1 km

Lalu Lintas Jalan Raya Bojongsoang-Cijagra Macet Tweet  Rabu, 27/04/2011 - 08:41

Lalu Lintas Jalan Raya Bojongsoang-Cijagra Macet

Sedikit angin segar, tampak beberapa alat berat mulai hadir di Bojong Soang tadi pagi🙂

Sebenarnya saya ingin juga menulis tentang proyek pemerintah yang ‘diproyekin’ yang sumber ceritanya saya dapat dari orang pemda/pemkot, dan PU. Tapi cukuplah, untuk menulis hal itu, saya harus memiliki data kuantitatif/kualitatif dan dokumentasi proyek. Sayang, saya tidak punya itu (bad). Masyarakat berharap semoga Allah memberi hidayah kepada oknum-oknum yang ‘bermain’, agar masyarakat bisa merasakan keadilan dan kesejahteraan hidup di bumi kabupaten Bandung ini. Aamiin..

Comments
4 Responses to “Jalan Bojong Soang, Jalan off road Kabupaten Bandung”
  1. zahra says:

    Mas fakih, sebenarnya ini proyek terus berjalan, namun yg membuat lama adalah membangun rumah warga sepanjang jalan tsb. knp bottleneck? ya harus gt mas, karena tidak bisa langsung memrenov rumah warga, klo menunggu beres rumahnya semua akan lebih lama, insya allah pelebarannya akan cepet kok, yg lama renov rumah warga di sepanjang jalan tersebut.

    • faqih says:

      kalau boleh tau, mba Zahra orang pemkab? kalau iya, di share ya apa saja yang membuat proyek ini sangat lamban

  2. emiksan says:

    Anda berKTP apa bang? wkwkwwk
    Smoga jl.bojongsoang segera lebar sepenuhnya. Kalo jl.sukapura semakin menyempit kayaknya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: