Suami dan Abi Terbaik


happy-muslim-family-cartoon

Ilustrasi keluarga sakinah mawaddah warrohamah🙂

Tulisan pertama tentang ke-orangtua-an atau #parenting yang diinspirasi dengan kehadiran buah hati, dek adelio dan nasihat orang tua kepada saya.

Mengapa harus berusaha menjadi orang tua terbaik untuk anak?

Anak ada anugrah indah baik orang tuanya. Kanvas putih yang akan diisi ayah bundanya dengan torehan-torehan kuas warna-warni. Entah menjadi indah atau tidak, ditangan pelukislah itu ditentukan. Amanah indah sekaligus investasi masa tua dan masa saat raga ini ditanam. Memamapah langkah kita saat tertatih, memijat dengan cinta sambil mengatakan “lekas sehat ya abi..”, dan tentunya mendoakan kita disetiap lantunan doanya semoga kita diampuni dosa-dosa dan disayangi-Nya.

Saya ingin menjadi orang yang pertama kali muncul dalam hati anak-anak saat mereka punya masalah sehingga mereka bercerita dengan nyaman kepada abinya. Begitu pula saat mereka sedang berbahagia seperti “abi.. abi.. alhamdulillah lho aku juara di sekolah..” intinya, saya ingin menjadi pendengar yang baik untuk anak-anak. Dengan mendengar, saya dapat memahami karakter, bakat, passion, kelemahan anak. Hal-hal tersebut adalah bahan bagi saya untuk dapat memberikan nasihat atau arahan ke mana anak sebaiknya melangkah. Saya tidak ingin menjadi orang tua yang otoriter memaksakan sesuatu yang sebenarnya tidak sesuai dengan kondisi anak.

Kami  berusaha menjadi orang tua terbaik untuk anak-anak. Ingin didoakan setiap saat oleh buah hati: “Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”.

..sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil. Kalimat ini menjadi motivasi untuk menjadi orang tua terbaik. Karena doa ini akan lebih sempurna jika orang tua sudah menjadi orang tua yang menyayangi dengan cara terbaik. Bagaimana seorang anak akan mendoakan orang tuanya dengan tulus jika mereka tidak merasakan kasih sayang yang tulus pula dari orang tuanya.

Semoga kami bisa menjadi orang tua yang terbaik baik anak-anak kami..

Leave a Reply

