Tantangan Sumber Daya Manusia bidang IT di Lembaga Pemerintahan


Pasca dicanangkannya reformasi birokasi, institusi pemerintahan didorong untuk berbenah, berubah, dan berkomitmen untuk mewujudkan good governance. Berdasarkan definisi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, reformasi birokasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.

Reformasi birokasi kemudian mendorong pembangunan, perbaikan sistem IT pemerintahan berkesinambungan. IT  kini tidak hanya berperan sebagai support system tetapi sudah menjadi business enabler yang pada akhir berdampak langsung kepada stakeholder pemerintah. Pengelolaan IT pemerintahan tidaklah sederhana. Oleh sebab itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal di bidang IT. Namun, penyelenggaran SDM IT yang handal memiliki tantangan yang perlu ditindaklanjuti bersama, mulai dari kebijakan sampai penerapannya.

Setidaknya terdapat tiga tantang dalam merealisasikan SDM IT yang handal di lembaga pemerintahan :

  1. Rekrutmen yang dilakukan sifatnya entry level/fresh grade. Hal ini menyebabkan pemenuhan kebutuhan SDM kualifiasi khusus, misalnya : Kementerian A membutuhkan pegawai dengan kualifikasi Oracle DBA, sementara CPNS yang masuk hampir semua adalah enry level.
  2. Jenjang karir / insentif bidang IT di kebanyakan lembaga kurang menarik. Pegawai dengan banyak sertifikasi keahlian di BUMN atau swasta lebih dihargai atau diberi insentif yang signifikan. Sedangkan Pegawai lembaga pemerintahan masih belum mengakomodir hal tersebut.
  3. Mutasi pegawai IT yang belum terencana dengan baik. Misalnya pegawai A adalah pegawai yang menguasai sebuah teknologi tertentu, namun dimutasi ke tempat yang bukan IT. Hal ini menyebabkan ‘mubazir’ atau ‘pemborosan’ karena keahlian pegawai A tidak dimanfaatkan di bidangnya. dan dibutuhkan training yang biayanya tidak murah dan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan keahlian tersebut.

Mimpi indah tentang IT di lembaga pemerintahan :

  • kebijakan IT dan pengelolaan IT yang sinergi dan terintegrasi
  • sejajar dengan BUMN atau bahkan lembaga pemerintah negara maju,
  • memberi pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat. tidak ada lagi stigma, PNS itu low grade SDM😀

Referensi :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: